Monday, August 13, 2007

Mengelola Keuangan Keluarga

seperti biasa ritual tiap malam ngumpul di kasur buat ngubek2 Hayden!!!
ini salah satu cara memaksimalkan pertemuan kami dg Hayden setelah 10 jam dah ditinggal kerja ma2pa2nya

Malam ini Hayden cepet banget bobonya..baru jam setengah 8 begitu nyusu sama mamanya langsung blekkk....krrrrrhhhh...

sambi nungguin Hayden nyenyak bobonya iseng2 kami berdua ngisi kuis keuangan keluarga di majalah ayah bunda kuis ini kami isi berdasarkan kebiasaan kami berdua mengelola keuangan atau istilah ilmiahnya management ekonomi keluarga.

Setelah hitung jawaban kuis disimpulkan bahwa management keuangan keluarga kami sudah termasuk baik, karena kami selalu diisplin dan sudah menyiapkan tabungan serta asuransi sebagai antisipasi hal2 di luar dugaan.

agak lega melihat hasil kuis karena jujur aja kalo yang namanya ngomongin keuangan keluarga kami berdua sering berpikir keras, was2 kawatir kalau2 dana yang kami rencanakan tidak cukup, khususnya dana utk jaga2 berhubung kami juga harus menyiapkan dana sosial untuk keluarga kedua belah pihak.

selain kuis ini..baru2 ini kami juga disadarkan oleh seorang teman kuliah yang juga kakak kelasku. K Alek dia seorang eksekutip muda yang masih single *kaya biro jodoh) sedang tugas ke sumatra dan sempat mampir ke rumah kami.
Ketika lihat2 rumah kami dia sempat bilang ke suamiku..."dah keliatan hasilnya yah ko"..

jujur aku melihat senyum suamiku hari itu sangat sumringah..'senyum bersyukur' mungkin namanya:)
ya satu kalimat dari teman kami menyadarkan kami bahwa mungkin tabungan uang di bank hanya sekian..tapi semua yang sudah kami miliki..pasangan, anak, rumah (meskipun masih nyicil), kendaraan (yg ini juga cicilan:D) itu adalah tabungan kami dari hasil jerih payah selama ini.

Dan kami tidak perlu terlalu kawatir dengan tabungan ini itu untuk ini itu..

Tapi eiiitt..ini bukan berarti mesti jadi kendor dalam mengelola keuangan. Karena inti dari menagement ekonomi keluarga ini adalah "DISIPLIN"
Disiplin dalam membiasakan di lingkungan keluarga kami untuk mendahulukan kebiasaan menabung setiap bulannya, setelah itu disiplin dalam memilih mana kebutuhan "yang perlu" dan yang "ingin"...dan ada satu lagi yang paling penting...ssst jangan suka liat rumput tetangga apalagi tetangga istri direktur! huehueuehehe...
Masudnya jangan melihat mereka yang di atas kita..tapi rajin2lah melihat mereka di bawah kita agar kita rajin2 bersyukur dan terutama ingat beramal:)



Powered By Blogger